Sabtu, 06 Juni 2009

Software-software khusus linux BANTU

Apa aja sih software-software ciri khas linux BANTU ini????? Pasti semua sudah bertanya-tanya... neh dia software-software yang terpaket di dalamnya:

1. GNU Cash

GNU Cash merupakan sebuah program akuntansi untuk mengolah keuangan untuk bisnis perseorangan atau kecil yang bisa didapatkan secara gratis. GNU Cash dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan GNU/Linux Operation system.

GNUCash bekerja sama seperti aplikasi non-free yang berjalan pada komputer yang menggunakan OS Microsoft Windows yaitu Quicken and Microsoft Money. GNUCash mempunyai satu keunggulan jika dibandingkan denagn produk lainnya yang sejenis, yaitu source code untuk GNUCash tersedia secara gratis. Seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat memiliki software ini, jadi seseorang bisa dengan bebas menyebarluaskan dan mengembangkan software ini.

Contoh tampilan GNU Cash :


2. TaskJuggler

TaskJuggler merupakan Open Source project management tool yang paling modern. TaskJuggler adalah pendekatan baru untuk project planning dan tracking lebih fleksibel dan superior untuk menggunakan Gantt chart editing tools secara umum. TaskJuggler telah sukses digunakan di banyak proyek dan skala secara mudah untuk proyek-proyek dengan ratusan sumber daya dan ribuan task.

TaskJuggler adalah sebuah software project management untuk project manager yang serious. TaskJuggler menyediakan optimizing scheduler yang mengolah project time line dan resource assignment anda yang didasarkan pada project outline yang sudah disediakan.

Contoh tampilan TaskJuggler :


3. KMyMoney

KMyMoney merupakan sebuah aplikasi untuk pengolahan keuangan seperti pada GNUCash. Namun antara keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing dan yang satu mungkin lebih cocok digunakan daripada yang lain untuk kasus/kondisi tertentu. Jika anda terbiasa menggunakan software seperti Microsoft Money, maka KMyMoney cocok digunakan apabila anda menggunakan OS Linux. Konsep-konsep seperti kategori pengeluaran, pihak terbayar (payee/receiver) dan institusi keuangan sama-sama ada di KMyMoney, tapi tidak ada di GnuCash.

Fitur KMyMoney :

KMyMoney memiliki kelebihan dalam dukungan yang lebih lengkap terhadap internet banking, walaupun sayangnya ini belum bisa dimanfaatkan di Indonesia. Selain itu memiliki fitur-fitur yang berhubungan dengan investasi (memantau harga dan transaksi saham, mencatat dividen, dsb) walau mungkin tidak semua dari pembaca membutuhkannya.

Fasilitas impor dan ekspor KMyMoney pun lebih baik, misalnya bisa mengimpor dari GnuCash dan mengimpor/ekspor dengan format standar QIF/OFX (yang banyak digunakan program lain dan bank). GnuCash sendiri dapat mengimpor dari QIF/OFX, tapi saat ini tidak dapat mengekspornya. Anda hanya dapat mengekspor daftar akun (bukan transaksi) dalam format XML. Perlu Anda pertimbangkan jika Anda ingin bisa berpindah-pindah program dan membawa serta data Anda. Walaupun dari pengalaman pribadi, mengimpor dari program lain (termasuk menggunakan format standar QIF/OFX) kurang memuaskan bagi saya, dikarenakan adanya perbedaan struktur kategori, dll; kadang jika data transaksi kita belum terlalu banyak, mungkin lebih baik jika kita mulai dari awal atau menginput ulang saja.

Untuk menyimpan file pun, KMyMoney mendukung proteksi/enkripsi dengan password sementara GnuCash tidak. Penyimpanan ke file di KMyMoney terasa lebih cepat daripada GnuCash.

Contoh tampilan KMyMoney :


1 komentar:

  1. TaskJuggler sya blum ngerti kegunaanya!!

    tolong di perjelas lagi

    trim's

    BalasHapus